close
Banner iklan disini
Axact-banner-728×90

Cara Mengganti Karburator Vespa Seri P

Hobi Motor Mobil - Seperti yang kita ketahui semua, Karburator merupakan bagian dari mesin yang mempunyai tugas pengabutan, atau pemasukan bahan bakar ke dalam silinder dimana fungsi utamanya adalah untuk mencampur bahan bakar dan udara. Nah dalam postingan kali ini, Infovespa akan memberikan turoial kepada teman teman, bagaimana Mengganti Karburator Vespa, khususnya untuk Vespa Seri P.


Karburator di vespa memang seharusnya dijaga agar tetep bersih dan tertutup. Di tutorial ini, kami menggunakan Si24/24E sebagai contoh, dimana nantinya semuanya akan diganti (termasuk perangkat meteran olinya). Kalau vespa anda jalannya bagus dan lancar, mungkin karburatornya berbentuk tiptop. Beberapa sumber bilang kalo gejala-gejaa karburator yang perlu diganti antara lain :
- Ada gas aneh yang bocor (atau sejenisnya, yang keluar dari rubber kecil di dasar kotak karburator)
- Kecepatan yang mulai jelek atau bogging yang serius diatas jangkauan gigi 3 atau 4
- Boros asap
- Tiba-tiba muncul api seperti terbakar
- Susah distarter waktu mesin panas dan mesin mulai tidak mau jalan.
Sebelum coba tutorial ini, periksa spark plug kamu dan pastikan timah HT anda normal. Setelah anda siap untuk mengganti karburator, Lanjut ke step peralatan. Kami sarankan sebaiknya anda beli aja semuanya, alat-alat ini tergolong murah.


Alat Alat :

  1. Perangkat gasket karburator, gasket dasar karburator, saringan bensin, larung dan Needle (cari di dealer suku cadang)
  2. Mungkin kamu butuh segel rubber kotak karburator (liat langkah dibawah)
  3. Bensin dari oli serbaguna
  4. Pembersih karburator
  5. Tongkat socket dalam 11mm
  6. 10mm kunci Inggris putar
  7. Obeng pipih
  8. Sekaleng semprotan udara
  9. Pel katun
  10. Handuk tanpa bulu
  11. Penjepit kertas
  12. WD-40
  13. Setabung kecil pengunci cincin anaerob
  14. Sarung tangan karet




Langkah Langkahnya


  1. Hidupkan vespa sampe mesinnya mati. Mulai lepas sekrupnya, supaya tutup karburator kebuka. Saat anda memasang ulang sekrupnya, pasang secara perlahan agar skrup tidak bengkok. Waktu kamu buka tutupnya, hati hati, ada segel rubber dibawah tutupnya. Periksa segel, mungkin saja rusak, kalo rusak ganti yang baru. 
  2. Lepas sekrup dua arah dan tarik penyaring udaranya, hal ini agar anda bisa membersihkan di body karburator. Penyaring udara tidak boleh sampe kotor, halini penting buat nyaring udara setiap kamu periksa karburator. 
  3. Di step ini, kita akan melepas body karburator. Kamu harus ngeepas kabel yang tertekan (tarik penghisap dan copot pengait kabel). Lepas sekrup yang menahan jalan gas ke bodi karburator (kosongkan dulu jalan gasnya). Longgarin dua buah sekrup lengan 11mm buat ngelonggarin karburator dari kotaknya.
  4. Setelah anda mengendorkan sekrupnya, tarik bodi karburator keatas keluar dari kotak. Sekarang kamu bisa liat crankshaftnya.Taroh handuk tanpa bulu diatas mulut portal ventilasi (handuk harus bersih), jangan jatuhin sekrup ke crankshaft. Gasket yang ada diluar mulut portal itulah gasket dasar karburator. 
  5. Bersihkan penyaring udara, semprot menggunakan penyemprot udara. Usahakan gunakan sarung tangan karet waktu nyemprot. Semprot bagian dalam penyaring udara sampai cairan semprotan bening. Tergantung kotornya, mungkin akan makan waktu beberapa lama. Setelah bersih, keringkan menggunakan handuk. Kalau ada lobang di ram-raman kawatnya, ganti penyaringnya. 
  6. Sekarang keluarkan bodi karburator dan copot bungkus penyaring bensinnya. Periksa penyaring bensin, congkel menggunaan obeng. Ganti gasket saat anda ngerakit ulang karburator, jangan sekarang.
  7. Kalo ada lapisan kasar dibawah penyaring bensin, bersihkan menggunakan pembersih karburator dan lap. lepas sekrup yang menahan tutup LARUNG bersama an dan tarik rakitan LARUNG-secepatnya ambil handuk buat nyerap gas yang keluar.
  8. Setelah LARUNG keluar dari bodi karburator, kamu harus dorong penjepit pivotnya keluar dari jarum LARUNG. Pindahkan jepit menggunakan penjepit kertas dan semuanya akan terlepas. Bersihkan mangkok LARUNG menggunakan pembersih karburator dan periksa barangkali ada retakan di dinding mangkok. Kalo ada, pake gasket cairan aerob untuk sementara. 
  9. Periksa LARUNG mungkin saja sudah rusak. Kalo ada gas didalamnya, ganti. LARUNG, dengan sayarat harus mempunya tepian yang pas, kalau dudukan jarumnya rusak, ganti LARUNGnya. Jarum harus punya ujung kecil, kalo ada CRUD di bagian atasnya, ganti. 
  10. Gambar disamping namanya running jet slow. Periksa kalau ada kotoran, pakai pembersih karburator dan seemprotan udara buat membersihkan. Jangan gunakan benda logam buat bersihin jet. Cocokin ulang jetnya sampai pas dan jangan terlalu kencang.
  11. Gambar dsamping adalah jet utama. Ada tiga bagian terpisah, pisahkan jika anda kesusahan membersihikanya.. Periksa kalau ada kotoran, pakai pembersih karburator dan seemprotan udara buat bersihin. Jangan pake benda logam buat bersihin jet. Cocokin ulang jetnya sampai pas dan jangan terlalu kenceng.
  12. Gambar siamping adalah starter jet.. Periksa kalau ada kotoran, pakai pembersih karburator dan seemprotan udara buat bersihin. Jangan menggunakan benda logam uyntuk membersihkan jet. Cocokin ulang jetnya sampai pas dan jangan terlalu kenceng.
  13. Keluarkan sekrup dua arah dari slide. Ada shockbreaker, pegangsaat anda melepas pembungkusnya. Tarik slide, slide berwarnna abu-abu gelap tanpa celah. Kalau slide ada celah, ganti. Slide harus bergulir dari ujung ke ujung di leher karburator. Semprot WD-40 disepanjang kayu slide
  14. Untuk mengeluarkan segel tongkat katup karbu, tarik tongkat katup lewat lobang di pembungkus slide. Bungkus dari vinil hitam ini nantinya akan jatuh. Kalo tidak bisa, ganti.
  15. Disini ada sekrup yang  fungsinya untuk menahan portal pentil dalam rakitan. Copot sekrup dan tarik pentilnya. Kalo ada kotoran diatas segel hitam diujung portal, bersihkan menggunakan WD-40
  16. Sampai step ini, anda telah selesai.  Anda bisa lanjut langkah berikutnya kalo mesin vespa anda kekuranngan oli, kalo perangkat olimu beres, jangan pasang lagi semuanya bersamaan. Pertama, copot dan pasang tempat oli mengalir menggunakan sekrup. Untuk melepas bodi pompa oli, pake tiga sekrup dan kendorkan plumbing-nya.
  17. Kalo ada SEIZE soft (lihat gambar disamping) di vespa injeksi, mungkin anda harus melepas kotak karburator secara total dan memriksa saluran oli dibawah kotak. Kotak bisa dibuka menggunakan obeng datar dibawah karburator kearah base gasket. Hati hati, Jangan jatuhkan sekrup ke crankshaft.
  18. Kabel-kabel dan pipanya mungkin agak susah pas mau melepasnya dari kotak karburator. Kamu harus mengetok/memukul dari luar saat anda sedeang memperbaiki mesinnya-liat gambar.Pastikan tidak ada bagian yang menonjol kedalem saluran oli. Kalo kotor, gosok hati-hati pake pembersih karburator. Kalo gasketnya jelek/rusak, ganti.

Setelah Proses membersihkan karburator selesai, ganti semua yang perlu diganti dengan sparepart Vespa yang baru. Oleskan sukucadang menggunakan WD-40 dan pasang kembali semuanya bersamaan dengan mengikuti tutorial diatas dari akhir ke awal. Langkah kecilnya antara lain : kencengkan sekrup di perangkat meteran, sekrup lengan di bodi karburator dan sekrup diatas kotak mesin secepatnya. Kalo nggak karburator atau pompa olinya bisa bengkok. Sekrup lengan punya spesifikasi putaran kalo kamu punya kunci inggris putar. Kalo tidak ada, kencangkan sampe pas ke cincin pengunci. Sekrup yang menahan jalan gas ke bodi karburator harus punya cincin penahan di sekrup utamanya buat pemasangan ulang. Ini buat terjadinya bocor pada mesin Vespa teman teman


Sumber : Berbagai Sumber


Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonim
admin
8 November 2016 pukul 22.23 ×

Wow Karburator vespa..terima kasih infonya gan

Congrats bro Anonim you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Axact-banner-728×90