close
Banner iklan disini
Axact-banner-728×90

Bagaimana Cara Membeli Mobil Bekas Agar tidak Tertipu ?

Hobi Motor Mobil - Bagaimana Cara Membeli Mobil Bekas Agar tidak Tertipu ? - Mempunyai mobil tentunya impian banyak orang. Mengingat mobil bisa membawa manfaat yang besar bagi penggunanya jika digunakan dengan benar. Namun, kadang impian tersebut tersendat karena beberapa alasan. Salah satu alasan utama adalah harga mobil yang melambung jauh. Oleh karena itu, masih banyak orang yang masih belum bisa memilikinya.



Namun, salah satu cara masih bisa ditempuh dengna memiliki mobil. Cara tersebut adalah dengan membeli mobil bekas yang notabennya memiliki harga yang jauh lebih murah dari harga aslinya. Karena memiliki harga yang lebih murah, mobil bekas adalah salah satu jalan yang ditempuh beberapa orang.

Seperti yang kita ketahui, mobil bekas bisa dijumpai dimana saja seperti iklan baris di koran, internet, atau selebaran di pinggir jalan. Untuk memilih mobil bekas tentunya tidak mudah. Karena harus menimbangkan antara kualitas dan juga barang yang akan kita beli. Langkah yang tepat sebelum membeli mobil bekas tentunya kita harus meneliti sedetail mungkin. Nah, kali ini saya akan memberikan beberapa tips memilih mobil bekas yang bisa anda gunakan.

1. Tujuan Membeli Mobil

Tentunya sebelum membeli mobil, anda memiliki tujuan kenapa anda harus membeli mobil. Jika anda membeli mobil untuk kerja, sebaiknya anda membeli mobil yang nyaman dan juga irit BBM. Karena akan sangat membantu pengeluaran anda. Atau jika anda membeli mobil untuk mengantarkan anak sekolah, anda bisa membeli mobil bekas yang memiliki ruang lebar.

2. Tempat Pembelian

Saat ini banyak sekali bertebaran dealer mobil bekas di sekitar anda. Sebaiknya pilih dealer mobil yang benar-benar terpercaya. Lebih baik lagi jika memilih dealer yang memberikan garansi kepada anda jika terjadi kerusakan.

3. Sesuaikan Budget

Hitung berapa biaya yang anda anggarkan untuk membeli mobil. Usahakan jangan melebihi dari anggaran yang anda miliki. Karena nantinya bisa berakibat fatal pada gaya hidup anda. Jika menemukan dealer yang mematok harga terlalu tinggi, sebaiknya anda mencari dealer yang lain, namun tetap terpercaya.

4. Lakukan Percobaan atau Test Drive

Hal ini sangat penting untuk mengetahui performa mobil yang akan anda beli. Selain bisa mengetahui, anda juga bisa merasakan bagaimana jika sudah memiliki mobil ini nantinya. Selain mengecek performa, tentunya cek mesin dan juga interior dari mobil itu sendiri. Pastikan juga bahwa mobil mudah dikendalikan, cek spooring, balancing, ring velg, ban mobil, dll.

5.  Ajak Montir atau Teman yang Mengerti Mobil

Alangkah baiknya lagi jika anda mengajak teman anda yang mengerti tentang mesin ataupun mobil. Karena ini sangat membantu anda saat negosiasi harga ataupun mengetahui kondisi mobil itu sendiri. Sehingga, nantinya anda tidak kecewa saat membeli mobil tersebut. Harus Mobil body kaleng maksudnya mobil tersebut belum pernah penyok atau bekas tambal sulam cat, mobil yang banyak dempul bisa dipastikan sering mengalami benturan.

6.  Ketahui Sejarah Mobil

Mobil tentunya memiliki sejarah tentang bagaimana perawatannya, sudah digunakan siapa saja, dan juga apakah pernah kecelakaan. Hal tersebut bisa anda tanyakan kepada penjual mobil yang anda temui termasuk memperhatikan dengan teliti suara mesin kasar atau sebaliknya.

Setelah anda memeriksa semua hal yang berhubungan dengan kualitas mobil, tentunya anda sudah menjatuhkan pilihan mobil mana yang akan anda beli. Langkah terakhir anda bisa menanyakan kepada pemilik mobil tersbut, bagaimana cara pembayarannya. Apakah menggunakan kredit, atau cash tunai?



Setidaknya, jika anda membeli mobil tersebut dengan cara kredit, anda membayarnya 10% dari jumlah pembelian. Karena biasanya, jika kurang dari 10% jumlah harga mobil, si penjual akan curiga dengan kemampuan finansial anda. Nah, semoga saja bisa memberikan anda pengetahuan, dan juga selamat memburu mobil bekas kesayangan anda.

Previous
Next Post »
Axact-banner-728×90