close
Banner iklan disini
Axact-banner-728×90

Cara Memilih Kompesor Angin


HobiMotorMobil - Sebaiknya sebelum kita membeli sebuah kompresor, ada baiknya kita perlu mengetahui tipe-tipe kompresor yang dijual dipasaran. Anda juga harus tahu kompresor apa yang cocok untuk kebutuhan Anda. Umumnya, jenis kompresor yang dijual dipasaran yaitu Reciprocating Compressor (Memakai Piston) dan Screw Compressor (Memakai Ulir).



Dilihat dari harganya, kompresor piston lebih terjangkau dibandingkan dengan kompresor screw. Akan tetapi, kompresor screw untuk biaya maintenancenya lebih murah. Keunggulan lainnya, kompresor screw mampu dioperasikan hingga 24 jam nonstop. Berbeda dengan kompresor piston yang mampu beroperasi hanya 8 jam. Kompresor screw biasanya digunakan pada pabrik / industri besar. Pada umumnya, kompresor memiliki pembagian jenis berdasarkan sumber daya yang digunakan. Biasanya menggunakan bensin (Gasoline Engine) dan menggunakan sumber listrik.

GASOLINE ENGINE

Kelebihan dari kompresor angin gasoline engine adalah dalam pengisian udaranya tidak memerlukan daya listrik, sehingga dapat digunakan dimana saja. Dari segi harga, tipe kompresor gasoline engine ini juga lebih murah. Kekurangan dari kompresor angin tipe ini adalah suara yang dihasilkan pada saat kompresor sedang menyala jauh lebih berisik dan kompresor gasoline engine ini masih menggunakan cara manual dalam menyalakan mesinnya.



ENERGI / DAYA LISTRIK

Berbicara mengenai model kompresor angin yang menggunakan energi listrik tentunya memiliki keunggulan dalam sistem pengoperasiannya, karena kompresor model ini mempunyai sistem otomatis menyala dan mati dalam pengisian udara. Kompresor tipe ini dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan udara keluarnya, yaitu Compressor Oil Free dan Air Compressor Biasa. Compressor Oil Free atau Oil Less merupakan tipe kompresor yang mempunyai udara keluar yang bebas dari oli. Umumnya, kompresor jenis ini biasa dipakai untuk kebutuhan laboratorium, makanan dan medis. Mengenai masalah harga, kompresor model oil free ini jauh lebih mahal dari model ataupun tipe lain.



Sumber : Berbagai Sumber

Previous
Next Post »
Axact-banner-728×90